Selasa, 01 Desember 2009

Ponsel dan Chip Berkolaborasi Sembuhkan Sakit Punggung


TAIPEI - Para peneliti di Taiwan telah berhasil mengembangkan sebuah chip yang mampu menyembuhkan penyakit pada punggung. Hebatnya, chip tersebut ditenagai oleh ponsel.

Chip tersebut diimplantasikan langsung ke punggung penderita untuk bisa mengidentifikasi penyakit dan menyembuhkannya melalui gerakan memijat. Nantinya, tenaga listrik yang terkandung dalam chip tersebut akan didapat melalui sumber tenaga yang terdapat dalam ponsel penderita.

Sebelumnya, sebuah temuan yang sama juga berhasil dikembangkan. Namun dalam temuan tersebut, chip dan baterai diimplantasikan bersamaan sehingga prosesnya tidak praktis untuk digunakan pada pasien.

"Kami telah melakukan uji coba sebelumnya dalam tubuh hewan. Perangkat tersebut menunjukkan hasil yang baik saat uji coba," ujar ilmuwan Biomedik dari National Taiwan University, Lin Chi-wan, seperti dikutip melalui AFP, Senin (30/11/2009).

Chip berukuran sebesar koin itu merupakan hasil penelitian yang telah berlangsung selama enam tahun. Chip tersebut dilengkapi dengan dua elektroda yang mentransmisikan gelombang elektromagnetik untuk mengurangi rasa sakit.

"Kami saat ini sedang melakukan uji coba langsung dengan manusia untuk membuktikan efektifitas chip tersebut," papar Lin.

Nyeri pada punggung diklaim sebagai salah satu penyakit yang membutuhkan biaya pengobatan cukup besar dalam data asuransi.

Sedangkan jumlah pengguna ponsel di Taiwan sendiri saat ini telah berjumlah 25,3 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamu'alaikum wr.wb.
Bagi anda yang sudah mampir ke blog saya silahkan tinggalkan komentar anda ya...
terima kasih

Wassalamu'alaikum wr.wb